Wednesday, November 15, 2017

Video Conferences (Teleconferences)

Video Conferences (Teleconference)

       Video Conferences (konferensi video)  adalah layanan yang menyediakan fasilitas untuk mempertemukan dua pihak atau lebih yang berada di lokasi yang berbeda, menggunakan jaringan computer dengan komunikasi Audio dan Video.



Komponen  yang dibutuhkan untuk sebuah sistem video conferences, yaitu :
  • Video input (camera video atau webcam)
  •  Video output (monitor computer atau proyektor)
  •  Audio input (microphones)
  • Audio output (speaker)
  • Media transfer data (Fasilitas jaringan internet)
Dampak negatif dan dampak positif penggunaan Video Conferences (Teleconferences) diantaranya sebagai berikut :
Dampak Negatif
  • Harga masih terbilang mahal untuk dimiliki sehingga perusahaan atau organisasi tertentu saja yang mempunyai cukup dana dapat memiliki konferensi video.
  • Alat-alat video conferences sangat sulit didapatkan dan proses penginstalan harus ekstra hati-hati agar tidak salah.
  • Biaya peralatannya sangat mahal.
Dampak Positif
  • Meningkatkan produktivitas karena kemampuan VTC untuk  berbagi dokumen, ide atau gambar dengan mudah.
  •  Menghemat biaya transportasi.
  • Mudah digunakan.
  • Menghemat waktu.


1. Pengembangan Skype, Yahoo Messengger, dan NetMeeting
  • Skype dikembangkan oleh Skype Technologies Microsoft, pada Agustus 2003.
  • Yahoo Messengger dikembangkan oleh Yahoo!, Pada tanggal 9 Maret 1998.
  • NetMeeting dikembangkan oleh Microsoft , pada tahun 1998.
2. Perbedaan UHF dan VHF

UHF (Ultra High Frequency) merupakan gelombang elektromagnetik dengan frekuensi antara 300 MHz sampai dengan 3 GHz (3.000 MHz). Panjang gelombang berkisar dari satu sampai 10 desimeter atau sekitar 10 cm sampai 1 meter, sehingga UHF juga dikenal sebagai gelombang desimeter. Sedangkan VHF (Very High Frequency) merupakan sinyal frekuensi yang lebih rendah daripada UHF.

3. Macam-Macam Video Conferences (Teleconferences)

  • LINE
LINE adalah sebuah aplikasi pengirim pesan instan gratis yang dapat digunakan pada berbagai platform seperti telepon cerdastablet, dan komputer. LINE difungsikan dengan menggunakan jaringan internet sehingga pengguna LINE dapat melakukan aktivitas seperti mengirim pesan teks, mengirim gambar, video, pesan suara, dan lain lain. LINE diklaim sebagai aplikasi pengirim pesan instan terlaris di 42 negara. LINE dikembangkan oleh perusahaan Jepang bernama NHN Corporation. LINE pertama kali dirilis pada Juni 2011 dan mulanya hanya dapat digunakan pada sistem iOS dan Android. Setelah sukses pada kedua sistem tersebut LINE masuk dalam sistem operasi besutanBlackBerry. Lalu pada tahun 2012, LINE resmi meluncurkan aplikasi yang dapat digunakan pada perangkat Mac dan WindowsKesuksesan LINE sebagai aplikasi pengirim pesan instan terlihat dari pengguna yang mencapai 101 juta di 230 negara di dunia.LINE menduduki posisi 1 dalam kategori aplikasi gratis di 42 negara, di antaranya JepangTaiwanSpanyol,RusiaHong KongThailandSingapuraMalaysiaMacauSwissArab Saudi,Uni Emirat Arab, dan lain-lain.

  • WhatsApp


·       WhatsApp Messenger atau WhatsApp saja adalah aplikasi 
     pesan untuksmartphone dengan basic mirip BlackBerry Messenger. WhatsApp Messenger merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan kita bertukarpesan tanpa biaya SMS, karena WhatsApp Messenger menggunakan paket data internet yang sama untuk email, browsing web, dan lain-lain. AplikasiWhatsApp Messenger menggunakan koneksi 3G atau WiFi untuk komunikasi data. Dengan menggunakan WhatsApp, kita dapat melakukan obrolan online, berbagi file, bertukar foto dan lain-lain.Awalnya, WhatsApp dibuat untuk pengguna iPhone, kemudian seiring dengan perkembangannya, aplikasi WhatsApp tersedia juga untuk versi BlackBerryAndroidWindows Phone danSymbian.Sampai pada November 2010, WhatsApp menduduki posisi peringkat ke 3, aplikasi paling laris yang diunduh melalui nokia Ovi Store, setelah Swypedan NHL game center premium.

  • Imo


·         Berbicara mengenai aplikasi video call Android terbaik, imo adalah salah satu aplikasi video call yang memenuhi kriteria tersebut.
      Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melakukan panggilan suara maupun video dengan hanya mengandalkan konektivitas internet dari 2G, 3G, 4G, atau Wi-Fi. Di aplikasi ini, Anda bisa membuat group 
      chat untuk berbagi foto dan video. Selain itu, imo adalah aplikasi 
      yang ringan dan tidak terlalu memakan banyak memori perangkat Android Anda, aplikasi ini hanya berukuran 5.37 MB saja. Sama seperti Line, imo juga dilengkapi dengan berbagai stiker lucu yang bisa dikirim ke teman Anda yang juga memiliki aplikasi imo pada perangkatnya.

  • Facebook Messengger
Facebook Messengger adalah aplikasi resmi Facebook yang mengijinkan Anda untuk melakukan Video konferensi dan chatting. Facebook Massengger dapat diunduh secara gratis di App Store dan Play Store.

  • BBM (BlackBerry Messengger)
BlackBerry Messenger, disingkat BBM, adalah aplikasi pengirim pesan instan yang disediakan untuk para pengguna perangkatBlackBerry. Aplikasi ini mengadopsi kemampuan fitur atau aktivitas yang populer di kalangan pengguna perangkat telepon genggam. Contohnya fitur di aplikasi Google Maps atau Yahoo Messenger hingga aktivitas dengan Facebook atau Twitter. Semuanya bisa didapatkan oleh pengguna perangkat BlackBerry pada aplikasi ini. BlackBerry Messenger merupakan salah satu keunggulan dari penggunaan perangkat BlackBerry selain layanan Push Mail. Layanan Messenger ini dibuat khusus bagi pemilikBlackBerry dan dirancang khusus untuk berkomunikasi di antara pengguna. Cara menggunakan BlackBerry Messenger adalah dengan penghubung nomor PIN yang juga eksklusif dimiliki masing-masing perangkat BlackBerry.Mulai tanggal 23 Oktober 2013, layanan BBM secara resmi bisa digunakan lintas platform dengan dirilisnya BBM untuk iOS danAndroid.
  • Camfrog
Camfrog merupakan aplikasi video chat yang mempunyai fitur dan kelebihannya tersendiri. Melalui Camfrog kita bebas melakukan video calling dengan siapa pun di dalam kontak yang tersedia, bahkan dengan orang asing sekalipun. Perangkat unak ini diciptakan oleh Camshare Inc pada tahun 2003.

  • Viber
Viber bisa dibilang adalah pesaing WhatsApp, sampai pada akhirnya WhatsApp mampu mengalahkannya. Meskipun memiliki layanan yang sama, Viber kemudian mengambil inisiatif berbeda sejak saat itu dengan fitur yang menonjol yakni video call. Bahkan mereka mengklaim layanan video call mereka masih tetap stabil meskipun dilakukan dengan koneksi 3G yang lemah.
Jadi kita tetap mendapatkan kualitas video serta kualitas suara yang layak saat melakukan video conferencing. Viber bahkan bisa digunakan untuk menghubungi 100 orang secara bersamaan tanpa harus membutuhkan koneksi kencang.
  • Tango
Meskipun Tango sekarang lebih seperti platform sosial namun layanan video call mereka memiliki kualitas sangat baik. Bahkan tidak membutuhkan koneksi yang kencang. Dengan aplikasi ini, kita bisa mengirim SMS, chat, dan panggilan video ke teman atau keluarga. Dengan Tango kita pun bisa menemukan beberapa orang berdasarkan minat. Tango juga mendukung obrolan secara grup dan menariknya kita bisa men-download game yang didukung Tango untuk bermain bersama dengan pengguna lain.
  • Google Hangouts


·         Google Hangouts adalah sebuah platform komunikasi yang dikembangkan olehGoogle yang termasuk perpesanan instan, percakapan video, SMS dan fitur VOIP. Aplikasi ini menempatkan tiga produk perpesanan yang jasa nya turut dikembangkan oleh Google, termasuk Google Talk, Google+ Messenger (sebelum nya: Huddle), dan Hangouts, sebuah aplikasi percakapan video yang dihadirkan pada Google+. Google menyatakan bahwa Hangouts di desain untuk "masa depan" produk komunikasi jarak jauh, Google Voice. Para pengguna Google Hagouts dapat berkomunikasi dengan akun Google+ mereka. 
  • Skype
     Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia.

No comments:

Post a Comment